03/06/2011 09:05 AM
share on :  
Tips Merawat Bass Pribadi

Seorang bassist atau gitarist tentu mengenal dengan yang namanya Fretting atau ada juga yg menyebutnya Buzzing ! Masalah ini di sebabkan karena banyak hal seperti Frett Aus (tidak rata lagi) dan ada juga karena freet lepas ( Ngangkat ) karena faktor tertentu .

Nah, untuk frett yang lepas atau ngangkat, ini sedikit tips bagaimana membenarkan :
MEMBERSIHKAN PAPAN FRETT & FRETT :

Buka senar , lalu bersihkan papan frett dengan lap , agar kotoran ( Daki ) yang menempel hilang . gosok papan frett hingga bener- bener bersih.Untuk supaya papan frett , terutama dari jenis kayu Ebony . rosswood mengkilat kembali . gosok menggunkan minyak goreng baru sedikit saja. papan frett akan mengkilap kembali.

Untuk membersihkan frett , gunakan sikat gigi bekas. gosok permukaan dan samping tiap masing-masing frett . frett yg jarang di bersihkan akan banyak menumpuk kotoran berwarna hijau dan akirnya FRETT akan terkena korosi.

CEK WIRING PICKUP :

Wiring pickup memang jarang tersentuh tetapi , karena lama di makan usia , terkadang soldering Cable putus . Cek bagian wiring cable , lihat apakah ada solderan yang terkelupas , jika ada maka sambung kembali menggunakan Solder & timah ke posisi semula !

Potensio . Potensio akan habis ( Aus ) dan akirnya jika di putar timbul suara " grusuk -grusuk " .. langkah pertama bongkar bagian wiring . lihat di belakang badan potensio ada bagian lubang kecil yg terbuka . semprot menggunakan potensio cleaner atau sejenisnya . setelah di semprot, cek ulang .. biasanya gresek2 akan hilang . JIka masih ada , maka kemungkinan Potensio harus di ganti . Ganti potensio yg sesuai ukurannya 500kilo , 250kilo !

Jack female ! harus sering di perhatikan ! jika suara putus nyambung , maka di pastikan Jack bagian kaki + nya sudah lemah , dan tidak menyangkut dgn sempurna ke Male + jack . Ganti !

BRIDGE :

Tuning bridge sangat penting . ini harus di rawat agar sound nggak fals . cara mudah nya loos senar G ( misalnya ) , lalu tekan di frett 12 nya . lihat di tuner apakah bergeser atau tidak . yang bagus jarum menunjukan di 440 ( tengah ) , jika fals jarum bergeser berkurang atau lebih dari 440 !

Tuning segera geser Bridge ke depan atau belakang ( LIhat Tuner ) hingga pas menunjukan jarum di tengah 440 . begitu sterusnya ! setiap mengganti senar baru cek ini harus dilakukan ! senar lama dan senar baru sering berbeda tuning nya ...

Jika frett sudah aus maka frett harus di ganti, tertarik untuk menggantinya sendiri, berikut cara2 untuk menggantinya :

1. Siapkan peralatan Tang jepit, cuter, lem alteco, pahat kecil, palu kecil permukaan rata. kayu 40cm/ tebal 1,5cm, lebar 7cm lalu di tempel amplass ukuran 800 & 1500.

2. Copot frett dengan menggunakan pahat kecil, cungkil dengan hati-hati di bagian pinggir frett, agar papan frett tidak ikut terbawa (sompal) setelah terangkat sedikit baru angkat dengan tang penjepit. Begitu seterusnya untuk semua frett.

3. Setelah semua frett terlepas, bersihkan lubang garis -garis fret di papan fret dengan menggunakan cuter, karena garis lubang untuk kaki frett itu sempit maka hanya cuter yg dapat masuk ke sela2 nya. Bersihkan kotoran lem dan sebagainya, korek saja jangan terlalu kuat secara perlahan.

4.Dan setelah itu baru loe memasang frett, belilah frett di toko musik untuk yg 24 frett, walaupun mungkin frett bass loe 22 frett, sisa nya dapat berguna! frett terbagi dua : ada yg gulungan dan ada yg sudah jadi, cari yg buatan korea tapi kualitas bagus jangan yg gampang di bengkokan, cari yg sedikit keras tapi bisa di bengkokan.

5. Tuangkan sedikit lem alteco ke sela-sela garis kaki frett di frettboard, lalu masukan frett, pukul dengan palu jgn terlalu kuat hingga menancap sempurna. Jika tidak ada alat press, tekan dengan tangan kuat-kuat hingga frett tidak ngangkat lagi! lalu potong pinggir frett jika menggunakan frett gulungan dan potong sedikit ujung-ujung nya sama kan dengan lebar frettboard, tapi ika menggunakan frett sudah jadi, tinggal memotong sedikit saja, lakukan itu secara keseluruhan.

6. Jika sudah terpasang semua, baru loe memasuki tahap penghalusan pinggir frett. Gosok menyamping 35 derajat ( Standart dunia ) dengan mengunakan papan kurang lebih panjang 40cm lebar 7cm, tebal 1,5cm telah di tempeli amplas ukuran 800, cara menempelkannya rekatkan dengan lakban bolak-balik.

Gosok dari ujung ke ujung merata. ujung frett 1 hingga 24 harus kena, untuk hasil yang maksimal, copotlah dulu neck dari body, gosok hingga ujung fret tidak tajam di tangan, gosok bagian sisi kiri & kanan dari frett dengan kemiringan yg sama, teknik ini dinamai side leveling .

7. Setelah sedikit halus di tangan, maka haluskan dengan amplas ukuran 1500 untuk finishing.

8. Setelah selesai cek ketinggian frett sama atau tidak, gunakan penggaris besi, tempelkan ke semua frett, lihat jika ada yg kurang baik, ngangkat maka akan terlihat ada celah antara frett & penggaris besi .

9. Jika mau di tambah up leveling silahkan, gosok permukaan frett tekniknya sama tapi yg di gosok permukaan nya hingga permukaan frett tidak lagi cembung tapi semi datar, gunakan amplass 800 dan terakhir 1500 menggunakan sedikit air ..

10. Setelah itu bersihkan frett (papan frett) dengan kain lap. Cek sekali lagi apakah masih ada ujung frett yg tajam, kalo masih ada ratakan yang tajamnya, jika sudah bass/gitar loe siap digunakan kembali.www,nagaswaramusic.com

Selamat mencobaa… (berbagai sumber)

 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101366

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66329

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :42705

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39967

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :34215

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31921